10 Hal Penyebab Orang Yang Masih Muda Menjadi Pelupa, Kok Bisa!

Menjadi seorang pelupa tidak hanya menyerang usia senja tapi juga dapat menyerang Usia 30 tahun, ini kami kutip dari sebuah kisah seorang anak perempuan yang bernama Desi. Desi menyadari kondisinya seperti itu, maka ia pun membiasakan diri untuk menulis segala sesuatu yang dikerjakanya pada sebuah note.

Desi sering melupakan hal-hal kecil misalnya lupa mengunci pintu, lupa meletakkan sesuatu benda ditempat lain, dan masih banyak lagi hal yang Desi lakukan yang membuat orang disekitarnya kurang nyaman. Jika disekitaran Anda terdapat orang yang seperti itu maka perlu mewaspadai dan segera mengobatinya. Menurut penelitian, kehilangan memori kecil ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah:

Penyebab Pelupa

Depresi

Orang yang mengalami Depresi sering berada pada dunia dan pikiranya sendiri.Mereka juga kerap memikirkan kenangan masa lalu dan terlalu khawatir dengan masa depannya.

Stress

Hal yang menandakan stress ketika otak bekerja terlalu keras sehingga dapat memperlambat proses encoding, menyimpan dan mengingat informasi dalam otak. Jika masalahnya dikarenakan ini, hal terbaik yang anda dapat lakukan untuk menghilangkan kebiasaan lupa itu adalah dengan menghilangkan stress terlebih dahulu, caranya: sebisa mungkin selesaikan masalah Anda, tidur cukup, dan pergilah reflesing dengan berjalan-jalan atau olahraga.

Overload

Klinik di Glasgow melakukan sebuah penelitian yang menyatakan orang yang menjadi sering pelupa dikarenakan gaya hidupnya yang sibuk dan kelebihan informasi. Dalam dunia kedokteran kondisi ini diidentifikasi sebagai kerusakan kognitif subyektif.

Tiroid

Gangguan tiroid telah diketahui memengaruhi (kebingungan) mental dan ketidakmampuan mengingat hal-hal untuk waktu lama, solusinya lakukan pengobatan untuk mengobati masalah tiroid Anda.

Kurang Tidur

Kurang tidur juga dapat menyebabkan lupa, namun biasanya yang dapat memicu kurang tidur ini adalah stress. jika memang anda kurang tidur dimalam hari, usahakanlah membalasnya dengan tidur siang. karena tidur siang juga baik untuk menyegarkan pikiran Anda.

Diet

Salah satu yang menyebabkan anda kehilangan memori bisa jadi karena diet yang buruk. Diet yang tidak tepat dapat tubuh kekurangan vitamin esensial dan gizi.

Alkohol dan Narkoba

Salah satu yang bisa menyebabkan kelupaan adalah alkohol dan narkoba. ketika seseorang benar-benar mabuk, dia tidak akan pernah ingat apa yang dia ceritakan atau dijelaskanya, serupa dengan itu kasus kecanduan narkoba juga bisa membuat sel-sel otak kehilangan kontrol seperti ketika merika mengkonsumsi Alkohol yang berlebihan

Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang bisa menyebabkan hilangnya memori, bahasa, dan kemampuan kognitif anda, juga mempengaruhi kesehatan mental yang bisa mengarah pada masalah demensia dan akhirnya meninggal.

Penyebab Lain

Mudah lupa juga bisa disebabkan oleh gangguan suplai oksigen ke otak, tumor otak yang mungkin telah berkembang di daerah bawah memori kontrol, peradangan otak, epilepsi, multiple sclerosis, penyakit parkinson, dan miningitis.

Semoga 10 hal penyebab lupa diatas bisa diminimalisir dengan mengetahui kondisi diri sendiri. Semoga bermanfaat

Baca Juga: Ya Ampun! Orang Ini Memiliki Kutu Begitu Banyak Bersarang Di Rambutnya