Doa Sebelum Tidur Dan Bangun Tidur Sesuai Tuntunan Rasulullah

Rasulullah telah mengajarkan kita untuk senangtiasa berdoa ketika hendak tidur, begitu halnya ketika bangun tidur, hal itu dilakukan supaya tidur kita menjadi bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Adapun doa-nya yang diriwayatkan dari hadist shahih adalah sebagai berikut:

Doa Sebelum Tidur


بِسْمِكَ أَللّهُمَّ أَ حْيَ وَ بِسْمِكَ أَ مُوْ تُ

BISMIKA ALLAHUMMA AHYA WA BISMIKA AMUUTU

Artinya: Dengan Nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan Nama-Mu aku mati. (HR. Bukhari dan Muslim)

Atau secara ringkasnya...

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

BISMIKA ALLAHUMMA AHYA WA AMUUTU

Artinya: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati. (HR. Bukhari)

Doa Bangun Tidur


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

ALHAMULILLAHILLADZII AHYAANAA BA'DA MAA AMAATANAA WA ILAIHINNUSYUR

Artinya: Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit (HR. Bukhari)

Baca Juga: Doa Untuk Orang Sakit Agar Diberi Kesembuhan