Pernahkah Anda Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Cara Ini? Berarti Anda Tertipu

Apakah anda termasuk orang yang melakukan perawatan telinga dengan menggunakan ear candle? Jika belum pernah, maka beruntunglah kalian. Karena hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan ear candle tidak memiliki manfaat sama sekali malah justru membahayakan diri anda.


Mari simak faktanya berikut ini, seperti dikutip dari situs doktercantik.com.

Klaim Keunggulan Perawatan Ear Candle

Perawatan ear candle merupakan perawatan pada telinga yang “katanya” bertujuan untuk mengeluarkan kotoran yang terdapat di dalam telinga.

Sebagaimana yang kita tahu, telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sulit dibersihkan. Kita biasanya menggunakan penyeka kapas (cotton bud) untuk membersihkan telinga.

Namun penggunaan cotton bud terkadang malah membuat kotoran telinga semakin masuk dan terdorong ke dalam.

Perawatan ear candle diperkenalkan sebagai perawatan untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam telinga.

Selain untuk mengeluarkan kotoran, perawatan ini juga diklaim mempunyai beberapa manfaat lain seperti mengurangi sinus, mengatasi masalah pendengaran sampai menghilangkan stress.

Seperti namanya, bahan dasar perawatan ini adalah lilin. Untuk melakukan perawatan ear candle ini, kita harus melakukannya dengan posisi tidur menyamping agar lilin bisa dimasukkan ke dalam telinga.

Untuk mencegah lelehan lilin mengenai kulit, diperlukan sebuah piring yang sudah dilubangi untuk masuknya lilin. Setelah diposisikan sedemikian rupa lilin tersebut dinyalakan.

Menurut para praktisi ear candle tersebut, cara kerja ear candle adalah sebagai berikut:
Api yang berasal dari dalam ear candle akan menimbulkan panas yang akan menimbulkan tekanan di dalam daun telinga.

Semakin lama, tekanan di dalam telinga semakin besar dan membuat kotoran di dalam telinga menjadi lunak.
Sementara itu, asap yang timbul dari batang ear candle akan turut masuk ke dalam telinga hingga memenuhi ruang telinga.

Pada kondisi tersebut, asap yang telah memenuhi ruang telinga mencari jalan keluar. Karena tekanan yang besar dan keberadaan aliran udara di dalam telinga, asap tersebut akhirnya keluar lagi melalui lubang batang ear candle.

Ketika asap hasil bakaran ear candle keluar lewat lubang batangnya, kotoran yang menempel di gendang telinga dan sudah lunak ikut terangkat dan keluar bersama asapnya.

Faktanya

Berikut fakta-fakta di bawah ini akan membuat Anda berpikir dua kali untuk melakukan perawatan ear candle.

1. Tidak ada kotoran (earwax) yang berhasil dikeluarkan
Katanya perawatan ini bertujuan untuk mengeluarkan kotoran pada telinga. Pada saat perawatan telah selesai sang terapist dengan bangganya menunjukkan ear candle pada kita dan menunjukkan “kotoran” yang berhasil diangkat dan kita biasanya percaya dan menganggap cara ini benar-benar efektif.

Tahukah kamu, kita tertipu. Yang dibilang kotoran (earwax) itu sebenarnya adalah sisa pembakaran lilin bukannya kotoran pada telinga kita. Terkejut kan? Kalau kotoran tidak keluar, lalu tujuan perawatan ini sebenarnya apa?

2. Ear Candle hanya mitos
Prof. Dr. Zainul.A. Djaafar, seorang ahli THT dan ahli bedah mengatakan “ear candle hanya mitos, tidak ada kaitannya dengan kebersihan dan kesehatan telinga”.

Mengingat poin pertama diatas yang menjelaskan bahwa tidak ada kotoran yang keluar karena perawatan tersebut, maka tidaklah berlebihan jika ear candle dianggap sebuah mitos karena tidak ada manfaatnya sama sekali. Malahan ear candle bisa jadi bahaya bagi kita.

3. Ear candle semakin mendorong kotoran ke dalam
Apa kamu masih berfikir ear candle bermanfaat saat ternyata bukannya membawa kotoran keluar telinga, ear candle justru membuat kotoran di dalam telinga kita terdorong ke liang telinga yang lebih dalam.

Kotoran tersebut bahkan menumpuk dan menjadi kering. Hal ini tentunya akan membuat pendengaran kita terganggu.

4. Ear candle dilarang di Kanada
Apa kiranya yang membuat suatu perawatan dilarang kalau bukan bahaya yang terdapat di dalamnya. Ya di Kanada perawatan ear candle ini sudah dilarang secara tegas oleh pemerintah karena bahaya yang bisa ditimbulkannya.

Perawatan ear candle ini selain tidak ada manfaatnya dalam kesehatan juga beresiko terhadap masalah kulit lain seperti luka bakar yang bisa ditimbulkan oleh lelehan lilin atau iritasi dan penyumbatan pada telinga.

Sebenarnya kotoran telinga Anda bisa keluar dengan sendirinya berkat dorongan mekanisme otot pipi saat Anda mengunyah makanan. Kotoran itu akan keluar sendiri di daun telinga bersama debu.

Jadi, Anda tak perlu mengambil risiko dengan mengorek-ngorek telinga sampai ke bagian tengah dan dalam, cukup bersihkan daun telinga dan telinga bagian luar saja.

Jika Anda mengoreknya, kotoran tersebut akan semakin terdorong ke dalam cekungan telinga. Akibatnya kotoran tak bisa keluar sendiri dan mengendap di dalam liang telinga.

Kotoran ini akan mengeras dan membatu dan menyumbat telinga. Hal inilah yang kerap menjadi salah satu penyebab berkurangnya kualitas pendengaran seseorang.