Waspada! BNN Menemukan Pil Narkoba Berbentuk Mirip Perman

Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan jenis baru narkoba yang masuk ke Indonesia. Jenis ini pun menambah jumlah jenis narkoba yang telah masuk ke Indonesia dari sebelumnya 38 menjadi 41.

Hal ini diungkapkan Kepala BNN Komjen Budi Waseso saat memaparkan pengungkapan sindikat narkoba Internasional yang dikendalikan seorang napi di Lapas Klas II B Lubukpakam, Sumut berinisial TG. "Ada 41 jenis narkoba baru dan ada 18 jenis yang telah teridentifikasi," kata laki-laki yang biasa disapa Buwas ini di Komplek City Residence Jl Sempurna, Medan Helvetia, Medan, Senin (11/4).


Dari jaringan ini pun, Buwas menyebut petugas mengamankan ribuan pil ekstasi dan happy five yang bentuknya belum pernah ditemukan sebelumnya. Pil ekstasi yang diamankan tersebut berbentuk kerang. Sedangkan happy five yang disita menyerupai permen pereda batuk.

"Ini ekstasi dan happy five jenis baru. Tidak seperti yang biasanya. Ini juga ada yang berbentuk cairan seperti vitamin C. Ini merupakan modus baru. Jadi sudah mulai disamarkan untuk menyamarkan dari petugas," jelasnya.

Sementara itu, Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari menambahkan, para bandar narkoba akan selalu mencari celah dalam memuluskan bisnis haramnya. Termasuk dengan menciptakan berbagai jenis dan bentuk baru narkoba.

Arman pun mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi para bandar narkoba yang mulai meracuni anak-anak Indonesia dengan narkoba. Ia mengajak seluruh masyarakat Sumut untuk bergerak bersama dalam pemberantasan narkoba.

"Kemungkinan mereka menyasar anak-anak itu ada. Apalagi bentuk pil itu seperti permen. Maka dari itu saya imbau masyarakat untuk berperan serta mengantisipasi," kata Arman. [rpk]