Inilah Cara Kerja Modem Hingga Kita Bisa Terkoneksi Dengan Internet

Modem adalah benda kecil yang sangat memberi manfaat bagi kita, walaupun ukuranya kecil tapi manfaatnya luar biasa bagi kita. Apakah kalian salah satu pengguna modem? Kebanyakan dari pengguna menggunakan modem GSM atau CDMA yang ditancapkan melalui port USB di laptop. Modem saat ini banyak dipilih karena kemudahan dan kepraktisannya. Sebagian lagi menggunakan koneksi kabel dari beberapa penyedia layanan internet terkemuka di Indonesia. Tapi tahukah kalian ternyata koneksi kabel yang anda gunakan itu kemungkinan besar menggunakan modem juga.

Inilah Cara Kerja Modem Hingga Kita Bisa Terkoneksi Dengan Internet
Foto: wisegeek.com

Pertama kami akan menjelaskan apa sih modem itu? Modem sebenarnya merujuk kepada sebuah alat yang menghubungkan komputer dengan saluran internet. Modem sendiri merupakan singkatan dari modulator-demodulator. Dinamai demikian karena memang itulah yang dikerjakan oleh modem itu sendiri, memodulasi dan mendemodulasi. Sederhananya, modem bertugas mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya. Sinyal yang digunakan di dalam komputer kita adalah sinyal digital, sedangkan saluran internet sebagian besar menggunakan sinyal analog.

Nah, saat mengirim data dari komputer ke saluran internet, sinyal data yang berupa sinyal digital tersebut akan diubah oleh modem menjadi sinyal analog agar bisa dikirim melalui saluran internet. Sebaliknya, saat menerima data dari internet, sinyal dari saluran internet tersebut akan diubah kembali sehingga menjadi sinyal digital yang dapat dibaca oleh komputer kita.

Modem sendiri ada banyak jenisnya. Modem USB yang biasa kita gunakan itu termasuk jenis modem dial-up. Disebut demikian karena modem ini menggunakan jaringan telepon untuk terhubung ke internet. Sedangkan jika kamu menggunakan koneksi internet kabel, umumnya juga terdapat modem yang menghubungkan antara jaringan internet kabel tersebut dengan komputermu. Modem tersebut bisa berupa modem kabel atau modem DSL (Digital Subscriber Line).

Modem kabel biasanya digunakan untuk koneksi internet dari jaringan TV kabel. Sedangkan modem DSL digunakan untuk koneksi internet menggunakan jaringan telepon, mirip dial-up tetapi memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Nah itulah cara kerja modem hingga dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan pekerjaan atau mencari indormasi melalui internet. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Baca Juga: Benarkah Langit Dan Air Laut Tidak Punya Warna?