Warga London Dibuat Heboh Oleh Miliarder Saudi Yang Membawa 4 Mobil Mewah Bersepuh Emas

Miliarder asal Arab Saudi, Turki bin Abdullah, membuat geger warga London. Sejak awal pekan ini, mobil-mobil mewah dengan bodi bersepuh emas murni melintasi jalanan Ibu Kota Inggris itu.

Abdullah sedang pelesir dan menetap di apartemen pribadinya, kawasan Kensington di London Barat. Warga setempat sering menyaksikan mobil-mobilnya yang mencolok hilir mudik.


Salah satu mobilnya yang paling mencolok adalah Rolls Royce Phantom - salah satu mobil mewah terlangka sedunia - yang sudah didandani khusus sehingga bersepuh emas. Pakar otomotif memperkirakan empat mobil itu saja sudah bernilai 1 juta pound sterling (setara Rp 18,9 miliar).

Surat kabar the Telegraph melaporkan, Jumat (1/4), Abdullah kadang menyetir sendiri seri mobil emasnya. Dia pernah terekam kamera amatir mengendarai Lamborghini Aventador SV, yang velg-nya juga telah dilapisi emas.

Tak kalah menghebohkan adalah aksi Abdullah membawa seekor cheetah di dalam mobil Mercedes Jeep. Macan yang sudah dijinakkan itu diletakkan sang miliarder di kursi depan dekat sopir.


Abdullah tak luput dari tilang. Mobil-mobilnya kena denda karena parkir sembarangan. Jika ditotal, denda untuk keempat mobil emasnya mencapai 320 pound sterling dalam dua hari saja (setara Rp 6 juta).

Kabarnya, Abdullah nyaris setiap tahun pasti menyempatkan pelesir ke London. Kebiasaan ini juga dilakoni banyak orang tajir asal Saudi. Namun, warga London kerap mengomel, karena perilaku orang-orang superkaya Negeri Petro Dollar seringkali urakan. Mereka mengendarai mobil mewah serampangan, kerap menggelar pesta semalam suntuk yang berisik, serta ogah bersosialisasi.

Abdullah adalah anggota klan Bani Saud yang menguasai Saudi. Sehari-hari dia menjalankan tugas sebagai Gubernur Riyadh. Sang pangeran ini juga memiliki saham di Aramco, perusahaan minyak pelat merah Saudi. [mdk]